Langkah 1 – Membuat XML Sitemap untuk WordPress

Ada beberapa cara untuk membuat WordPress XML sitemap. Pada tutorial ini, Anda akan mempelajari cara untuk menambahkan sitemap menggunakan beberapa plugin WordPress sitemap. Mari kita mulai.

Cara 1 – Membuat XML Sitemap dengan SEO Yoast

Yoast SEO plugin merupakan salah satu plugin yang populer dan banyak digunakan untuk mengimprovisasi SEO pada suatu website WordPress atau blog. Plugin ini berfungsi mengatur semua aspek teknis yang berhubungan dengan konten dan membantu Anda untuk menaksir keyword density, tag H1 dan H2, apakah bisa dibaca atau tidak (readability), dll. Yoast SEO plugin juga membantu Anda dalam membuat XML sitemap.

Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk menambahkan XML sitemap pada website WordPress Anda menggunakan Yoast SEO plugin:

  1. Install dan aktifkan WordPress SEO by Yoast plugin.
    Yoast SEO Plugin
  2. Setelah plugin diaktifkan, lihat SEO -> Features dan aktifkan fitur Advanced setting pages.
    Yoast Advanced Settings Feature
  3. Fitur ini akan mengaktifkan XML sitemap untuk WordPress Anda. Halaman baru XML Sitemaps akan muncul di bawah menu SEO. Di sini Anda bisa mengatur berbagai pengaturan, seperti max entries per sitemap, exclude particular pages/posts dari sitemap, dan seterusnya. Anda tidak perlu mengubah apa pun di sini kecuali jika menginginkan custom WordPress sitemap.
    Yoast SEO XML Sitemaps Section
  4. Pada langkah ini Anda membuat XML sitemap menggunakan plugin tersebut. URL WordPress sitemap dapat dilihat dibawah Your XML Sitemap.
    WorsPress Sitemap URL

Cara 2 – Membuat XML Sitemap dengan Google XML Sitemap

Plugin Google XML sitemap Dapat juga digunakan untuk membuat XML sitemap guna memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi website Anda.

Plug ini merupakan cara yang mudah dalam membuat sitemap untuk berbagai mesin pencari, seperti Ask, Google, Yahoo, dan Bing. Plug ini pun membuat sitemap untuk semua halaman WordPress dan custom URL. Secara otomatis, plug ini mengirim notifikasi ke seluruh mesin pencari utama manakala konten terbaru dimuat atau di-publish.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Meng-install dan mengaktifkan plugin ini dari WordPress plugin directory yang resmi.
    Google XML Sitemap Plugin
  2. Setelah diaktifkan, plug ini akan secara otomatis menampilkan sitemap untuk website Anda.
  3. Untuk melihat URL WordPress sitemap Anda, bukalah halaman konfigurasi plugin dengan mengklik Settings -> XML Sitemap. Di halaman ini Anda juga bisa mengubah beberapa pengaturan, seperti post/page priority, exclude content, dll.
    WordPress XML Sitemap URL

Langkah 2 – Membuat HTML Sitemap untuk WordPress

Kedua plugin yang telah disebutkan di atas akan membantu Anda dalam membuat serta menampilkan XML sitemap. Gunakan plugin WP Sitemap Page untuk membuat HTML sitemap di WordPress Anda.

Untuk membuat HTML sitemap di website WordPress Anda, ikutilah beberapa langkah ini:

  1. Install dan aktifkan plugin pada website WordPress Anda.
  2. Buat halaman baru dan tambahkan [wp_sitemap_page] shortcode di mana Anda ingin HTML sitemap dapat terlihat.
    WordPress HTML Sitemap Shortcode
  3. Publish halaman dan kunjungi URL-nya untuk melihat HTML sitemap Anda.
    WordPress HTML Sitemap Page

 

Langkah 3 – Mensubmit WordPress XML Sitemap ke Mesin Pencari

Langkah 3.1 – Mensubmit XML Sitemap ke Google

Setelah XML sitemap dibuat, Anda disarankan untuk mensubmit sitemap tersebut ke Google search console tool. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi diri Anda sebagai pemilik situs. Anda bisa menggunakan salah satu verification methods.

  1. Buka halaman utama Google Search Console dan pilih website Anda.
  2. Klik Crawl dan pilih Sitemaps.
  3. Klik Add/Test Sitemap.
  4. Masukkan URL WordPress sitemap Anda dan klik tombol Submit.
    Submit WordPress SiteMap to Google Search Console
  5. Google membutuhkan beberapa hari untuk memproses submission Anda dan menjelajahi halaman website Anda.

Jika website berisi banyak gambar, kami menyarankan agar Anda juga membuat image sitemap. Anda juga bisa menambahkan video sitemap jika website Anda memuat banyak video.

Langkah 3.2 – Mensubmit XML Sitemap ke Bing

Mesin pencari lain yang bisa Anda masukkan sitemap adalah Bing. Jika Google Search Console digunakan untuk menampilkan sitemap pada Google, maka Bing Webmaster Tools digunakan untuk mensubmit sitemap Anda ke Bing. Tentu saja Anda harus terlebih dulu memverifikasi diri sebagai pemilik website. Anda bisa membaca instruksinya di sini. Selama proses verifikasi berlangsung, masukkan URL WordPress XML sitemap Anda dan klik tombol Add. Anda hanya membutuhkan langkah ini untuk menambahkan sitemap ke Bing Webmaster Tools.