Donasi Buku dari Indonesia Berbagi Cerita

LiterasiToday.Com – Tersisa sehari lagi donasi buku yang dibuka oleh Indonesia Berbagi Cerita atau IBC. Gerakan pengumpulan buku dilakukan IBC dalam rentang tanggal 17 Juni-17 Juli 2020. Donasi buku itu akan dibagikan ke berbagai komunitas literasi di Indonesia.

Salah satu pendiri IBC, Rahmawati, berkisah, gerakan untuk berbagi buku ini berawal ketika ia mendapat tugas dari tempat kerja di Jakarta dan tinggal selama tiga bulan di daerah Sandaran, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Setiap orang  bermain voli, takraw, atau bola kaki. “Tapi anak kecil hanya berlarian ke sana kemari dan melakukan permainan tradisional.”

Pusat penerima donasi buku berada di Jalan Lontar Nomor 2, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Sementara di Sumatera Selatan posko penerima donasi buku berada di Jalan Raya Tugumulyo Nomor 79, Kelurahan Simpang Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan 2, Kota Lubuklinggau.

Rahmawati, dikutip dari Tempo.co, menyatakan IBC telah menerima layanan pengiriman tanpa ongkos kirim dengan berat 10 kilogram untuk sekali kirim. Kedua belas kota dengan ongkos kirim gratis, yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Pontianak, Samarinda, Pangkalanbun, Balikpapan, Makassar, Palu, Bitung, dan Banjarmasin.

IBC akan menyetujui buku yang akan didonasikan, layak dibaca dengan segmentasi anak-anak, remaja, semua berumur, dan tidak dipublikasikan untuk SARA atau pornografi. Sementara pengiriman awal, kata Rahmawati, mengirim ke 12 kota. “Untuk daftar masih kita diskusikan dan disesuaikan dengan total buku,” Ujarnya.

IBC berdiri pada 20 Mei 2020 dengan tiga pendiri. Assyuro Cahya Pertiwi Marsal dan Faddil S. Pertadua menerima buku di Sumatera Selatan dan Rahmawati di Jakarta Selatan. “Sudah ada yang mau bergabung hanya kami masih fokus ke agenda kami,” kata Rahmawati. “Alhamdulillah bertiga masih bisa  menangani .” (*)

 

Editor: Alfian Nawawi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. erotikMarch 2, 2021 at 3:03 amReply

    Met de trekker naar de Ardennen. Dat lijkt me pas een avontuur! Caron Christie Noonberg

Leave a Reply