Delapan Relawan Literasi Pemenang Pesta Komik 2020

LiterasiToday.Com – Nirwan Ahmad Arzuka, Pendiri dan Ketua Pustaka Bergerak Indonesia (PBI), melalui akun facebook di grup PBI, menginformasikan Delapan Komikus Pemenang Pesta Komik 2020. Pemenangnya ada 8 komikus, yang semuanya adalah relawan anggota jaringan PBI. Semua karya terpilih akan diterbitkan dalam edisi khusus Komik Komunika Kemkominfo.

Tuturan teks Nirwan berbunyi, antara lain: Kawan-kawan yang baik, berikut ini daftar pemenang Pesta Komik yang diselenggarakan oleh PBI bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Semoga komik edisi khusus ini bisa dicetak dan disebar dalam waktu yang tak terlalu lama lagi.(Lihat gambar di bawah ini.Red).

Komik ini disebut edisi khusus bukan hanya karena isinya adalah karya para relawan, dengan tema: Pustaka Bergerak. Komik ini menjadi khusus karena ia adalah surat cinta sekaligus pernyataan terima kasih kepada semua relawan dan segenap pihak di berbagai penjuru Tanahair yang terlibat dalam gerakan masyarakat berbagi pengetahuan, berbagi rasa merdeka.

Semoga pesta komik ini bisa kita selenggarakan lagi, agar kawan-kawan lain yang juga berbakat namun tak sempat menyerahkan karyanya, dapat kesempatan untuk unjuk kemampuannya. Salah satu harapan PBI adalah mendukung kawan-kawan yang berbakat agar mendapat eksposure nasional sehingga karya kawan-kawan mendapat perhatian dan penghargaan yang lebih luas. Siapa tahu nanti ada di antara kawan-kawan yang komiknya bisa terbit sebagai komik strip mingguan di Harian Kompas, misalnya, atau jadi buku komik yang diterbitkan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), misalnya.

Masih menurut Nirwan, “Yang pasti, beberapa kawan yang karyanya termuat di edisi khusus ini memperlihatkan potensi untuk berkembang mencapai tataran komik Beni & Mice atau Lat (Datuk Mohammad Nor Khalid), misalnya. Jika mereka ini menghadirkan dengan bagus kehidupan orang-orang jalanan di ibukota atau orang-orang di Indonesia Barat dan Malaysia, maka karya beberapa kawan kita mengangkat dengan kocak kehidupan masyarakat bawah di Indonesia Timur, khususnya Papua.” Tulisnya.

Selamat untuk para pemenang. Bagi yang belum berkesempatan menang, semoga tetap bersemangat. Salam Bergerak.(*)

Editor: Alfian Nawawi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply