Dari Makassar untuk Sulsel dan Nusantara, Baruga e-Sikola

LiterasiToday.Com, Makassar – Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan H. Hery Sumiharto, SE.M.Ed membuka kegiatan Sosialisasi aplikasi pendidikan Baruga e-Sikola. Sosialisasi secara virtual ini diikuti para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII para Kepala UPT SMA, SMK dan SLB se Sulawesi Selatan.

Hadir mendampingi Sekdisdik Sulsel, Kepala UPT PTIKP Dra. Hj. Andi Hidayati, MPd, Koordinator Pengawas Disdik Sulsel, Dr. H. Muliono Caco, MPd. Turut memberikan sambutan Direktur Balai Pustaka, Dr. Ir. Achmad Fachrodji, hadir pula tim teknis baruga e-Sikola Jakarta, dan tim pendamping baruga e-Sikola Makassar.

Hery Sumiharto memberi apresiasi yang tinggi terhadap kehadiran aplikasi baruga e-Sikola. Terlebih lagi, katanya, di masa pandemi covid-19 masa penerapan pembelajaran jarak jauh, dilansir dari laman duniapendidikan.id, Jumat (24/7/2020).

“Semoga kehadiran aplikasi baruga e-Sikola dapat memacu pengembangan pendidikan di Sulawesi Selatan,’ harap Hery Sumiharto.

Direktur Balai Pustaka, Achmad Fachrodji mengatakan, baruga e-Sikola adalah aplikasi media sosial berbasis pendidikan. Selama ini, kata Achmad Fachrodji, masyarakat kita selama ini menggunakan aplikasi media sosial yang dimiliki oleh orang luar negeri. Dan ternyata, uang atau pendapatannya dibawa ke luar negeri.

Karena itu, kata Achmad Fachrodji, kita terpanggil untuk membuat aplikasi yang sama untuk anak negeri. Mengapa harus dimulai dari Makassar? Menurut Achmad Fachrodji, kalau kita mulai dari timur dan sukses, ke barat akan dianggap lebih mudah.

Aplikasi baruga e-Sikola, lanjut Achmad Fachrodji, memungkinkan pengguna dapat membuat berbagi konten serta terlibat dalam jejaring sosial (baruga), sekaligus sebagai platform belajar secara elektronik (e-sikola).

Achmad Fachrodji menargetkan aplikasi baruga e-Sikola akan dilaunching dua minggu ke depan, dan mengharapkan aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik masyarakat Sulsel khususnya, dan Indonesia pada umumnya.(*)
 
Editor: Alfian Nawawi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply